9 Tips dan Cara Merawat Honda Vario

9 Tips dan Cara Merawat Honda Vario - Dewasa ini Honda vario sudah cupuk banyak sekali penggunanya, khususnya di Indonesia. Tidak bedanya baik itu laki-laki atau perempuan yang mengendarai motor skutik ini. Honda vario adalah salah satu motor matic keluaran pabrikan Honda yang memiliki spesifikasi mesin 4 tak. Dari tahun ke tahun motor vario ini selalu mengalami peningkatan angka penjualan. Malahan semua pabrikan motor yang ada di indonesia berlomba-lomba memasarkan motor maticnya seperti Yamaha, Honda, lalu Suzuki.
9 Tips dan Cara Merawat Honda Vario
Honda Vario
Berbicara tentang perawatan, Honda Vario sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motor bebek lainnya. Honda Vario dibutuhkan perawatan khusus sama pemilikinya, apalagi sekarang motor Vario telah banyak menggunakan teknologi dalam injeksi dan dalam perawatan memerlukan ekstra keras karena perawatanya tidak semudah menggunakan karburator, pentingnya anda ketahui cara merawat Honda vario.

Jika sahabat salah satu pengguna Honda Vario pastinya tips ini bias meringgankan sababat dalam mempraktekkannya di rumah sehingga motor tahan lama, dengan perawatan Honda Vario pastinya akan meminimalkan kerusakan terutama karena kita semua tahu ketika datang ke jalan sahabat Honda vario mati atau mengalami kerusakan mesin tentu tidak menyenakan, apa lagi akan memakan waktu yang lama untuk mengatasi kerusakan pada mesin Honda Vario. nah untuk itu kami mengulas beberapa Tips Dan Cara Merawat Honda Vario .

1. Memanaskan Honda Vario Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan
Memanaskan Honda Vario meruapakan salah satu cara yang biasa kita lakukan di pagi hari sebelum menggunakannya. Biasakan sebelum Honda Vario digunakan kamu panasi terlebih dahulu mesin motor kamu, agar oli keseluruhan mampu tercampur di dalam mesin sehingga performance mampu maksimal.untuk usahakan pemanasan mesin cukup menghidupkan selama 5 hingga 10 menit.

2. Menstabilkan Gas Kecepatan Gas
Kebiasaan ini sering dilakukan oleh pemakai motor ketika kecepatan motor yaitu Honda vario dalam kondisi cepat dan secara tiba-tiba menurunkan gas, begitupun sebaliknya ketika sementara motor di kecepatan rendah langsung kita gas tanpa menyadari ini akan merusak usia mesin. Untuk saat ini jika anda menggunakan motor metic, khusnya Honda Vario jangan biasakan dalam kondisi kecepatan kencang kemudian tiba-tiba anda rem dan tarik gasnya lagi dan mengrem lagi. Hal yang demikian akan mesin motor anda cepat rusak.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar (Bensin)
Tips Dan Cara Merawat Honda Vario selanjutnya Kebanyakan orang di saat bahan bakar (bensin) mau habis baru mareka melakukan pengisiian. Yang lebih parah lagi sampai – sampai motor harus di dorong baru di isi bahan bakar bakar (bensi). Nah…..hal yang satu jangan sampai terulang kembali. Coba usahakan jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai pada posisi e atau kosong apa lagi lewat dari huruf e di informasi speedometer. Cobalah selalu mengisi bakar (bensin) motor anda tidak menerima kosong.

4. Rutin Selalu Ganti Oli
Bagi Anda yang memiliki motor matic berusahakan secara rutin untuk mengganti oli motor. Jadwal pergantian oli motor yang dilakukan setiap 1000 KM dan untuk mengubah dari oli trasmisi motor ketika motor sudah mencapai mencapai 5000 KM. Jika sahabt sulit untuk menghitung dengan speedometer maka sahabat dapat melakukan perawatan rutin ini setiap 2ata 3 bulan, jangan lupa juga untuk menggunakan oli yang lebih condong kepada spesifikasi motor matic, ,dengan mengganti oli secara rutin pastinya akan menjaga performa mesin.

5. Memeriksa Kondisi Baterai Serta Busi
Nah… 2 komponen ini tidak luput dari perhatian supaya Honda Vario sahabat harus tetep kinerja dengan stabil selain tidak mudah terjebak drive perjalanan pendek atau panjang. Motor busi juga sangat memiliki kegunaan tuk motor matic tuk melaju oleh kecang, kalau komponen baterai serta juga busi tidak bekerja harus segera menggantinya oleh yang baru satu mencoba dari lokakarya yang resmi.

6. Check Out Roler Serta Ventbelt.
Tips Dan Cara Merawat Honda Vario selanjutnya selalu perhatikan Roler dan ventbelt Honda Vario sahabat, jika sudah Roler dan ventbelt dalam keadaan tidak layak pakai, maka sahabat usahakan untuk menggantinya dengan yang baru secara original.

7. Gunakan Kualitas Bensin.
Tips Dan Cara Merawat Honda Vario selanjutnya sering sekali kita jumpai ada orang-orang yang menjual campuran bensin, meski hal ini sedikit saja orang yang melakukannya tapi sahabat harus berhati-hati. Kualitas bensin sangalah mempengaruhi kualitas mesin Honda Vario. Kami sarankan sebaiknya untuk mengisi bahan bakar (bensin) carilah tempat-tempat penjual bahan bakar (bensi) yang memang sudah di percaya. Hal tersebut akan mengakibatkan bagi Honda Vario sahabat aman tapi sebaliknya kalau tidak murni bahan bakar (bensin) maka bahaya akan mengamcam Honda sahabat.

8. Ganti Oli Shockbreaker.
Tips Dan Cara Merawat Honda Vario selanjutnya, Oli bukan hanya terdapat pada mesin Honda Vario, tapi oli juga terdapat pada bahian Shockbreaker. Nah untuk hal ini perlu juga diperhatikan. Tujuannya tidak lain adalah agar shock Honda Vario anda tetep berfungsi sebagai mana mestinya.Oya…..hampir lupa, untuk pergantiannya Shock Motor bisa diganti setiap Honda Vario sahabat mencapai 10000 KM.

9. Servis Berkala
Tips Dan Cara Merawat Honda Vario selanjutnya biasanya dalam servis terencana Honda Vario untuk penggantian oli, pembersihan karburator serta menset Honda Vario, kami merekomendasikan untuk menanyakan dalam hal apakah Aki masih layak pakai, vantbel serta roler patut memerlukan penggantian, dari beberapa hal-hal itu tentu saja akan lebih baik kalau sahabat memakai suku cadang asli dari pada memakai murah namun kualitas masih dipertanyakan , melakukan servis berkala kira-kira 3 bulan sekali agar performa Honda Vario sahabat tetap prima.

Related Post

Previous
Next Post »